Microsoft Excel
adalah suatu program aplikasi pengolah Angka.
MS.
Excel termasuk kedalam katagori program Spreadsheet.Bagian
Microsoft Excel yang ditandai dengan huruf A, B, C, D, dan seterusnya dinamakan
Kolom. Bagian Microsoft Excel
yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya dinamakan Baris. Bagian Microsoft Excel yang
merupakan perpotongan baris dan kolom adalah Cell. Untuk menutup lembar kerja pada Excel 2010 perintahnya adalah
File > Close. Banyaknya baris yang disediakan oleh lembar kerja Excel 2010
adalah 1048576 baris
dengan lebar lembar kerja exel 2010 mempunyai nama kolom terakhir XFD. Dalam Excel,
semua data diolah dan disimpan dalam sebuah buku kerja (Workbook/file). Setiap
buku kerja minimal terdiri dari satu lembar kerja (Worksheet) dan maksimum 255 lembar kerja. Jumlah
sheet area pada keadaan standart saat membuka aplikasi adalah sebanyak 3
buah.Dalam menuliskan rumus di Microsoft
Excel harus di awali dengan tanda sama
dengan. Nama icon yang berfungsi untuk membuat garis tabel adalah border.
Perintah untuk menghapus baris adalah blok baris yang akan
dihapus, klik kanan delete. Perintah untuk menambahkan baris adalah blok baris yang akan
ditambahkan, klik kanan insert.
Perintah untuk menghapus kolom adalah blok kolom yang akan
dihapus, klik kanan delete. Perintah untuk menambahkan kolom adalah blok kolom yang akan
ditambahkan, klik kanan insert.
Untuk membuat rumus tanggal menggunakan perintah =DATE. Untuk membuat rumus jam menggunakan
perintah =TIME. Tipe data yang digunakan untuk merubah
menjadi format tanggal adalah Date. Untuk menghitung nilai
rata-rata dari suatu range, menggunakan perintah=AVERAGE. Apabila sebuah sel pada saat
menuliskan rumus menghasilkan #########, itu berarti lebar sel tidak cukup. Nama
icon untuk menggabungkan 2 atau lebih cell adalah Merge and Center. Rumus
untuk mengambil sebagian karakter dari kiri adalah =LEFT(Sel,jumlah karakter). Rumus untuk menghitung nilai tertinggi
pada sebuah tabel data adalah =MAX(range).
Penggunaan rumus untuk mengambil sebagian karakter dari tengah atau
posisi tertentu adalah =MID(Sel,jumlah
karakter). Perintah paste dapat dilakukan dari menu toolbar dan bisa
juga dengan perintah lain, yaitu Ctrl
+V. Munculnya tulisan #Name? pada suatu sel adalah karena kesalahanrumus. Urutan
data dari yang terkecil ke terbesar yang pada program pengolah angka disebut
Ascending. Untuk membuat
tulisan menjadi huruf kecil semua tetapi tidak perlu mengetik satu-satu cukup
menggunakan rumus =LOWER. Untuk membuat tulisan menjadi huruf besar
semua tetapi tidak perlu mengetik satu-satu cukup menggunakan rumus =UPPER. Untuk membuat tulisan menjadi huruf besar di
depan tetapi tidak perlu mengetik satu-satu cukup menggunakan rumus =PROPER. Untuk
menghitung banyaknya variabel yang berisi data angka menggunakan Count. Dengan menekan tombol [Home]
pada saat kita bekerja dengan MS. Excel, maka pointer akan berpindah ke sel paling kiri. Perintah untuk memberikan
tanda Rupiah (Rp) adalah Currency, Accounting, Custom.
Urutan data dari
yang terbesar ke yang terkecil pada program pengolah angka disebut descending. Fungsi yang digunakan untuk mendapatkan suatu nilai dari suatu table
secara vertikal disebut fungsi VLOOKUP. Kotak
sel yang dapat dipindah-pindahkan adalah pointer. Untuk melihat dokumen sebelum dicetak pada Ms.Excel
menggunakan Print preview.
Jika kedua
barang (pensil dan buku) lebih besar sama dengan 25 maka banyak, jika kurang
dari itu sedikit. Untuk mengerjakan soal tersebut menggunakan rumus AND dalam IF.
Fungsi
yang digunakan untuk mendapatkan suatu nilai dari suatu table secara horizontal
disebut fungsi HLOOKUP. Hal
yang perlu diketahui sebelum mengerjakan soal VLOOKUP, perlu dipahami rumus
VLOOKUP yaitu VLOOKUP(Cell yang dites;Tabel ketentuan;Nomor index
kolom). Hal yang perlu diketahui sebelum
mengerjakan soal HLOOKUP, perlu dipahami rumus HLOOKUP yaitu HLOOKUP(Cell yang dites;Tabel
ketentuan;Nomor index baris).
Rumus =AVERAGE(E5:E10) berarti menghitung rata-rata
dari cell E5 sampai E10.
Jika ada soal, di sel A1 berisi angka 3, pada sel B1
kita tuliskan sebuah formula : =IF(A1=1;"Direktur";IF(A1=2;"Sekretaris";"Staff")),
maka pada sel B1 berisi Staff.
Jika ada soal =IF
(A1>60;”Lulus”;”Gagal”) maksudnya adalah Jika isi sel A1 > 60, maka
diberikan keterangan Lulus.
Jika di sel A1=
3, A2 = 5, A3 = 6 dan A4 = 3, maka cara menuliskan formula atau rumus untuk
mencari nilai maximum di sel A5 perintahnya adalah = MAX(A1:A4).
Isikan pada sel A8, A9, A10, berturut-turut 12, 23, 34.
Kemudian pada sel A11 ketikkan = A8+A9+A10, maka hasilnya adalah 69.
Di sel A1= 3, A2
= 5, A3 = 6 dan A4 = 3, jika kita masukkan rumus di sel A5 = MINIMUM(A1:A4),
maka yang keluar adalah #NAME?.
Jika ada soal seperti di samping, maka untuk mengisi “Nama Barang” menggunakan
rumus: =VLOOKUP(B6;$B$14:$D$17;2).
Jika ada soal
seperti di samping, maka untuk mengisi “Harga Satuan” menggunakan
rumus : =HLOOKUP(B7;$B$15:$E$17;3).

Tidak ada komentar:
Posting Komentar