Jumat, 02 Mei 2014

KISI-KISI UKK KLS VII



Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi pengolah Angka. MS. Excel termasuk kedalam katagori program Spreadsheet.Bagian Microsoft Excel yang ditandai dengan huruf A, B, C, D, dan seterusnya dinamakan Kolom. Bagian Microsoft Excel yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya dinamakan Baris. Bagian Microsoft Excel yang merupakan perpotongan baris dan kolom adalah Cell. Untuk menutup lembar kerja pada Excel 2010 perintahnya adalah File > Close. Banyaknya baris yang disediakan oleh lembar kerja Excel 2010 adalah 1048576 baris dengan lebar lembar kerja exel 2010 mempunyai nama kolom terakhir XFD. Dalam Excel, semua data diolah dan disimpan dalam sebuah buku kerja (Workbook/file). Setiap buku kerja minimal terdiri dari satu lembar kerja (Worksheet) dan maksimum 255 lembar kerja. Jumlah sheet area pada keadaan standart saat membuka aplikasi adalah sebanyak 3 buah.Dalam menuliskan rumus di Microsoft Excel harus di awali dengan tanda sama dengan. Nama icon yang berfungsi untuk membuat garis tabel adalah border.

Perintah untuk menghapus baris adalah blok baris yang akan dihapus, klik kanan delete. Perintah untuk menambahkan baris adalah blok baris yang akan ditambahkan, klik kanan insert.

Perintah untuk menghapus kolom adalah blok kolom yang akan dihapus, klik kanan delete. Perintah untuk menambahkan kolom adalah blok kolom yang akan ditambahkan, klik kanan insert.

Untuk membuat rumus tanggal menggunakan perintah =DATE. Untuk membuat rumus jam menggunakan perintah =TIME. Tipe data yang digunakan untuk merubah menjadi format tanggal adalah Date. Untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu range, menggunakan perintah=AVERAGE. Apabila sebuah sel pada saat menuliskan rumus menghasilkan #########, itu berarti lebar sel tidak cukup. Nama icon untuk menggabungkan 2 atau lebih cell adalah Merge and Center. Rumus untuk mengambil sebagian karakter dari kiri adalah =LEFT(Sel,jumlah karakter). Rumus untuk menghitung nilai tertinggi pada sebuah tabel data adalah =MAX(range). Penggunaan rumus untuk mengambil sebagian karakter dari tengah atau posisi tertentu adalah =MID(Sel,jumlah karakter). Perintah paste dapat dilakukan dari menu toolbar dan bisa juga dengan perintah lain, yaitu Ctrl +V. Munculnya tulisan #Name? pada suatu sel adalah karena kesalahanrumus. Urutan data dari yang terkecil ke terbesar yang pada program pengolah angka disebut Ascending. Untuk membuat tulisan menjadi huruf kecil semua tetapi tidak perlu mengetik satu-satu cukup menggunakan rumus =LOWER. Untuk membuat tulisan menjadi huruf besar semua tetapi tidak perlu mengetik satu-satu cukup menggunakan rumus =UPPER. Untuk membuat tulisan menjadi huruf besar di depan tetapi tidak perlu mengetik satu-satu cukup menggunakan rumus =PROPER. Untuk menghitung banyaknya variabel yang berisi data angka menggunakan Count. Dengan menekan tombol [Home] pada saat kita bekerja dengan MS. Excel, maka pointer akan berpindah ke sel paling kiri. Perintah untuk memberikan tanda Rupiah (Rp) adalah Currency, Accounting, Custom.

Urutan data dari yang terbesar ke yang terkecil pada program pengolah angka disebut descending. Fungsi yang digunakan untuk mendapatkan suatu nilai dari suatu table secara vertikal disebut fungsi VLOOKUP. Kotak sel yang dapat dipindah-pindahkan adalah pointer. Untuk melihat dokumen sebelum dicetak pada Ms.Excel menggunakan Print preview.

Jika kedua barang (pensil dan buku) lebih besar sama dengan 25 maka banyak, jika kurang dari itu sedikit. Untuk mengerjakan soal tersebut menggunakan rumus AND dalam IF.

Fungsi yang digunakan untuk mendapatkan suatu nilai dari suatu table secara horizontal disebut fungsi HLOOKUP. Hal yang perlu diketahui sebelum mengerjakan soal VLOOKUP, perlu dipahami rumus VLOOKUP yaitu VLOOKUP(Cell yang dites;Tabel ketentuan;Nomor index kolom). Hal yang perlu diketahui sebelum mengerjakan soal HLOOKUP, perlu dipahami rumus HLOOKUP yaitu HLOOKUP(Cell yang dites;Tabel ketentuan;Nomor index baris).



Rumus =AVERAGE(E5:E10) berarti menghitung rata-rata dari cell E5 sampai E10.



Jika ada soal, di sel A1 berisi angka 3, pada sel B1 kita tuliskan sebuah formula : =IF(A1=1;"Direktur";IF(A1=2;"Sekretaris";"Staff")), maka pada sel B1 berisi Staff.

Jika ada soal =IF (A1>60;”Lulus”;”Gagal”) maksudnya adalah Jika isi sel A1 > 60, maka diberikan keterangan Lulus.



Jika di sel A1= 3, A2 = 5, A3 = 6 dan A4 = 3, maka cara menuliskan formula atau rumus untuk mencari nilai maximum di sel A5 perintahnya adalah = MAX(A1:A4).



Isikan pada sel A8, A9, A10, berturut-turut 12, 23, 34. Kemudian pada sel A11 ketikkan = A8+A9+A10, maka hasilnya adalah 69.



Di sel A1= 3, A2 = 5, A3 = 6 dan A4 = 3, jika kita masukkan rumus di sel A5 = MINIMUM(A1:A4), maka yang keluar adalah #NAME?.



Jika ada soal seperti di samping, maka untuk mengisi “Nama Barang” menggunakan rumus: =VLOOKUP(B6;$B$14:$D$17;2).















 

Jika ada soal seperti di samping, maka untuk mengisi “Harga Satuan” menggunakan rumus :  =HLOOKUP(B7;$B$15:$E$17;3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar