Minggu, 23 Februari 2014

KISI-KISI UTS KELAS VII SEMESTER GENAP 2013/2014

Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi pengolah angka. MS. Excel termasuk kedalam kategori program spreadsheet. Contoh lain software jenis spreadsheet selain MS.EXEL adalah Lotus 123.
Dalam menuliskan  rumus di Microsoft Excel harus di awali dengan tanda sama dengan. Bagian Microsoft Excel yang ditandai dengan huruf A, B, C, D, dan seterusnya disebut kolom (column). Sedangkan bagian Microsoft Excel yang ditandai dengan angka1, 2, 3, 4, dan seterusnya disebut baris (row). Bagian Microsoft Excel yang merupakan perpotongan baris dan kolom disebut cell.
Jumlah sheet area pada keadaan standart saat membuka aplikasi adalah sebanyak 3 sheet.  Lembar kerja exel 2010 mempunyai nama kolom terakhir XFD dan baris terakhir 1048576. Dalam Excel, semua data diolah dan disimpan dalam sebuah buku kerja (Workbook/file). Setiap buku kerja minimal terdiri dari satu lembar kerja (Worksheet) dan makximum 255 lembar kerja.
Icon yang berfungsi untuk membuat garis tabel adalah border. Icon tools yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa sel manjadi satu dan meletakkan posisi teks berada di tengah adalah merge and center.
Tempat untuk memasukkan data ke lembar kerja adalah formula bar. Cara untuk mengganti nama sheet adalah double klik tulisan sheet atau klik kanan tulisan sheet kemudian pilih rename. Kotak sel yang dapat dipindah-pindahkan adalah pointer. Pointer yang kita gerakkan di lembar kerja, dapat kita ketahui melalui baris menu status bar. Perintah untuk memberikan tanda Rupiah (Rp) adalah Currency, Accounting, Custom.
Tipe data yang digunakan untuk merubah menjadi format tanggal adalah date. Sedangkan tipe data yang digunakan untuk merubah menjadi format waktu adalah time. Bagian Microsoft Excel yang berfungsi untuk menginformasikan rumus atau isi dari sel yang sedang aktif adalah name box.
Perintah paste dapat dilakukan dari menu toolbar dan bisa juga dengan perintah lain, yaitu CTRL+V. Perintah copy dapat dilakukan dari menu toolbar dan bisa juga dengan perintah lain, yaitu CTRL+C. Pemberian nama extention dari sebuah file untuk Microsoft Excel 2010 adalah xlsx. Untuk menutup lembar kerja pada Excel 2010 perintahnya File, exit. Menu tabs ribbon yang digunakan untuk membuat sebuah grafik dalam Microsoft Excel adalah insert. Perintah untuk menyimpan file pada Microsoft Excel 2010 adalah file, save. Perintah untuk membuka file pada Microsoft Excel 2010 adalah file, open.
Perintah untuk menghapus baris adalah Blok baris yang akan dihapus, klik kanan Delete. Perintah untuk menghapus kolom adalah Blok kolom yang akan dihapus, klik kanan Delete. Perintah untuk menambahkan kolom adalah Blok baris yang akan dihapus, klik kanan Insert. Perintah untuk menambahkan baris adalah Blok baris yang akan dihapus, klik kanan Insert. Untuk melebarkan kolom pada lembar kerja, perintahnya adalah format, column, width. Untuk melebarkan baris pada lembar kerja, perintahnya adalah format, row, width.
Untuk mengurutkan data dari besar ke kecil menggunakan icon sort. Jenis data numeric adalah data yang berupa angka, secara default MS.EXCEL akan meletakkan data numeric menjadi rata kanan. Jenis data Alphabetic adalah data yang berupa teks, secara default MS.EXEL akan meletakkan data teks menjadi rata kiri.
Apabila sebuah sel terlihat seperti ######### , itu berarti lebar cell tidak cukup sehingga harus dilebarkan. Munculnya tulisan #Name? pada suatu sel disebabkan karena kesalahan dalam menuliskan rumus.

Penggunaan rumus untuk mengambil sebagian karakter dari sebelah kiri adalah =LEFT(Sel,jumlah karakter). Penggunaan rumus untuk mengambil sebagian karakter dari sebelah kanan adalah =RIGHT(Sel,jumlah karakter). Penggunaan rumus untuk mengambil sebagian karakter dari tengah atau posisi tertentu adalah =MID(Sel,karakter awal,posisi karakter). Rumus untuk menghitung nilai tertinggi pada sebuah tabel data adalah =MAX(Range). Rumus untuk menghitung nilai terendah pada sebuah tabel data adalah =MIN(Range). Rumus untuk menghitung jumlah suatu data pada sebuah tabel data adalah =COUNT(Range). Rumus untuk menghitung nilai total suatu data pada sebuah tabel data adalah =SUM(Range). Untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu range, menggunakan perintah =AVERAGE(Range). Untuk membuat rumus tanggal menggunakan perintah =DATE(Range). Untuk membuat rumus jam menggunakan perintah =TIME(Range). Jika tulisan semula kecil semua, kemudian akan diganti menjadi huruf besar semua dapat menggunakan rumus text =UPPER(sel). Jika tulisan semula kecil semua, kemudian akan diganti menjadi huruf besar di awal kata dapat menggunakan rumus text =PROPER(sel). Jika tulisan semula besar semua, kemudian akan diganti menjadi huruf kecil semua dapat menggunakan rumus text LOWER(sel). Untuk membuat rumus peringkat menggunakan =RANK(Sel;ref;[order]). Untuk menghitung perkalian cell A1 dan A2 adalah (*). Untuk menghitung pembagian cell A1 dan A2 adalah (/). Untuk menghitung pengurangan cell A1 dan A2 adalah (-). Untuk menghitung penambahan cell A1 dan A2 adalah (+).

Jika ada rumus =SUM(A5:A10) berarti menjumlahkan data dari cells A5 sampai A10.
Jika rumus =B4*D6 disel A5 kita copy ke sel B10, maka rumus-rumus di sel B10 akan menjadi =C9*E11.
Di sel A1 berisi angka 3, pada sel B1 kita tuliskan sebuah formula : =IF(A1=1,"Direktur",IF(A1=2,"Sekretaris","Staff")), maka pada sel B1 berisi Staff.
Jika ada rumus sebagai berikut, =IF (A1>60,”Lulus”,”Gagal”) maka maksudnya adalah Jika isi sel A1 > 60, maka diberikan keterangan Lulus.
Jika di sel A1= 3, A2 = 5, A3 = 6 dan A4 = 3, maka cara menuliskan formula atau rumus untuk mencari nilai maximum di sel A5 perintahnya adalah =MAX(A1:A5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar